Cara Refund Pembayaran App Store dan iTunes - Beberapa aplikasi tidak bekerja pada perangkat yang mereka katakan, terkadang keduanya tidak bekerja dengan baik sama sekali. Saya memiliki beberapa permainan yang tidak berfungsi dengan baik meskipun saya memiliki iPhone yang tidak dimodifikasi dengan benar. Ini adalah rasa sakit tapi itu terjadi. Jika itu terjadi pada Anda, inilah cara mendapatkan pengembalian dana dari apl Apple App Store atau iTunes.
Meskipun ada digital, aplikasi, eBook, musik, film atau permainan masih digolongkan sebagai barang dan memiliki banyak hak legal yang sama dengan barang fisik. Jika item itu tidak seperti yang dijelaskan, tidak sesuai untuk tujuan, tidak berfungsi atau Anda kecewa dengan sesuatu, atau tidak melakukannya, Anda mungkin berhak menerima pengembalian dana.
Kebijakan pengembalian dana yang tepat bergantung pada tempat Anda tinggal. Penduduk Uni Eropa memiliki hak yang berbeda untuk penduduk AS dan pasar Asia memiliki hak yang berbeda dari pada kedua kelompok. Namun, Apple menjelaskan hak dan tanggung jawab Anda di situs mereka.
Kepo? : Begini Cara Baca iMessages Orang Tanpa Ketahuan!
Sebagai pembeli aturan umum mendapatkan 14 hari pengembalian uang tanpa alasan untuk apa pun, untuk alasan apa pun. Apakah barangnya lebih dari 14 hari? Pengembalian dana mungkin masih bisa dilakukan namun Anda harus membuat sebuah kasus dan memberikan alasan sah untuk pengembalian dana. Permintaan tersebut ditinjau oleh Apple secara manual dan kemudian dikabulkan, atau tidak.
Apple akan mempertimbangkan pengembalian dana untuk barang yang dibeli dalam waktu 90 hari sejak pembelian. Bergantung pada barang, negara tempat tinggal Anda dan alasan pengembalian dana, ini mungkin atau mungkin tidak diberikan. Sepertinya tidak ada peraturan yang keras dan cepat.
Apple mengatakan bahwa beberapa permintaan pengembalian dana akan diperiksa dan diberikan secara manual, atau tidak. Mereka mungkin ingin mendiskusikan hal-hal lebih lanjut dengan Anda jadi bersiaplah untuk korespondensi lebih lanjut atas permintaan dalam beberapa situasi.
Baca Juga
Cara Refund Lewat iPhone dan iPad
Anda dapat menggunakan perangkat apa pun untuk meminta pengembalian dana namun jika Anda pengguna ponsel, mungkin akan lebih cepat melakukannya di iPhone atau iPad Anda. Begini caranya. Anda memerlukan 4G atau WiFi yang aktif agar bisa bekerja karena melibatkan kunjungan ke situs web Apple.
- Buka aplikasi Mail dan pilih faktur Apple untuk item tersebut.
- Cari Laporkan Masalah dalam faktur dan pilih. Anda akan dibawa ke situs web Apple.
- Masuk dan gunakan Kode Verifikasi Apple ID jika Anda menggunakan 2FA.
- Pilih alasan permintaan pengembalian dana di jendela berikutnya dan pilih Selesai.
- Pilih Kirim untuk mengirim permintaan pengembalian dana.
Cara Refund Dari iTunes
iTunes adalah tempat yang masuk akal jika Anda memiliki masalah dengan pembelian. Ini menyimpan semua informasi pembelian Anda, aplikasi atau item dan Anda mungkin sudah masuk log.
- Buka iTunes dan pastikan Anda login
- Pilih Account, Purchase History dan kemudian See All.
- Temukan item yang Anda inginkan pengembalian dana dan pilih tanda panah di sebelah kanan.
- Pilih Laporkan Masalah di bagian bawah layar.
- Anda akan dipindahkan ke situs web Apple di mana Anda mungkin harus masuk lagi.
- Berikan alasan untuk permintaan pengembalian dana dan tambahkan beberapa informasi di dalam kotak di bawahnya.
- Pilih Kirim.
Cara Refund Pembayaran App Store dan iTunes Lewat Website
Jika Anda lebih suka menggunakan browser Anda, bukan iTunes, Anda bisa.
- Buka browser Anda dan arahkan ke halaman laporan masalah Apple.
- Masuklah dengan ID Apple Anda dan arahkan ke pembelian Anda.
- Pilih Laporkan Masalah untuk pembelian yang sesuai.
- Berikan alasan dan tambahkan informasi yang dibutuhkan.
- Pilih Kirim.
Bergantung pada berapa lama yang lalu pembeliannya, pengembalian dana bisa instan, perlu sedikit waktu atau memerlukan intervensi manual. Anda harus diberi tahu tentang hal itu setelah Anda menekan Kirim.
Trik: Cara Screen Recording Layar iPhone di iOS 11
Kebijakan pengembalian uang di Apple sepertinya masuk akal. Harus ada keseimbangan antara melindungi pengembang dan pembuat konten sekaligus melindungi hak konsumen. Membeli sebuah aplikasi adalah transaksi seperti pergi ke toko. Seperti pergi ke toko itu, Anda memiliki tanggung jawab untuk memastikan Anda dapat menggunakan barang tersebut dan mampu menggunakannya. Toko memiliki tanggung jawab untuk memastikan barang itu sesuai untuk tujuan dan akan memenuhi keperluan yang dimaksudkannya.
Pernahkah Anda memiliki masalah mendapatkan pengembalian dana dari toko aplikasi Apple atau iTunes? Apakah ada tips atau trik untuk membuatnya disetujui lebih cepat atau lebih mungkin untuk mendapatkan persetujuan? Beritahu kami tentang hal itu di bawah jika Anda melakukannya!